www.indo-industry.com
AMD News

AMD Indonesia Resmi Meluncurkan Prosesor Terbaru AMD Ryzen™ AI 300 Series!

Pada bulan September 2024, AMD Indonesia secara resmi meluncurkan seri prosesor terbarunya yakni prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan.

  www.amd.com
AMD Indonesia Resmi Meluncurkan Prosesor Terbaru AMD Ryzen™ AI 300 Series!

Bertajuk “Advancing Tomorrow with AMD Ryzen™ AI 300 Series Processor” acara peluncuran ini mendapat sambutan meriah dari berbagai kalangan, mulai dari media partner, tech enthusiast, gamers hingga konten kreator. Peluncuran ini sekaligus mempertegas posisi AMD sebagai pionir dalam inovasi teknologi prosesor, khususnya dengan integrasi kecerdasan buatan (AI) yang semakin canggih dalam perangkat komputasi. Hadirnya prosesor AMD Ryzen™ AI 300 series ini juga membawa pengalaman laptop dalam Next-Gen AI PC.

Sesi Presentasi dari Representatif AMD
Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB, yang diawali dengan menghadirkan Matthew Carr selaku Head of Consumer Sales Asia Pacific & Japan. Beliau menjelaskan semua fitur dan teknologi AI yang tersemat dalam laptop berprosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series dapat menunjang segala kegiatan komputasi harian dan meningkatkan produktivitas. Dengan menghadirkan prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series, AMD berupaya memenuhi berbagai kebutuhan dengan menyediakan solusi komputasi berbasis AI yang dapat diakses oleh berbagai kalangan, seperti kreator, profesional, gamer, hingga pengusaha. Hal Ini merupakan kontribusi AMD untuk bersinergi dalam ekosistem baru di era AI di masa depan.

Kemudian presentasi oleh Anna Ihfiana selaku Marketing Lead AMD Indonesia yang menyampaikan berbagai prestasi dan pencapaian yang telah berhasil diraih, dimana AMD masuk ke dalam daftar 100 perusahaan paling berpengaruh versi TIME dalam kategori perusahaan AI innovator, beliau juga menjelaskan mengenai fokus rencana marketing AMD Indonesia terutama untuk prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series terbaru ini, hingga komitmen AMD Indonesia dalam menghadirkan transformasi pengalaman AI yang terbaik pada perangkat laptop dalam Next-Gen AI PC.

Selanjutnya presentasi dibawakan oleh Armawati Cen selaku Consumer Business Development, beliau menjelaskan berbagai keunggulan dari AMD Ryzen™ AI 300 Series, salah satunya adalah performa NPU yang berbasis pada arsitektur AMD XDNA™ 2 dan bisa memproses tugas komputasi AI hingga 50 TOPS. Menjadikannya yang tercepat di dunia saat ini, melampaui standar Copilot+ PC dari Microsoft yang minimum 40 TOPS.

Selain kemampuan NPU yang jempolan, prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series juga menawarkan performa komputasi yang kencang dan efisien tinggi berkat arsitektur terbarunya “Zen 5” dan “Zen 5c”. Prosesor ini memiliki konfigurasi tertinggi hingga 12 Core dan 24 Thread saat ini, ditambah dengan dukungan grafis terintegrasi AMD Radeon™ 800M yang mengusung arsitektur grafis RDNA 3.5 membuatnya dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan produktivitas, kreasi konten, hingga gaming AAA.

Di Indonesia sendiri laptop dengan prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series kini tersedia dalam berbagai model dan sudah resmi beredar di pasaran, misalkan seperti laptop gaming ada ASUS TUF A14 & A16, ASUS ROG Zephyrus G16, dan laptop untuk konten kreator ada ASUS Vivobook S 14. Sementara itu, masih ada beberapa yang bakal hadir kedepannya dari brand lain seperti ASUS Vivobook Pro Art, MSI Stealth A16, MSI Summit A16, Acer Swift 14 AI dan Lenovo Yoga Pro 7 dan masih banyak lagi.

Univeling Laptop Berprosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series
Usai serangkaian presentasi tadi, sesi yang paling ditunggu-ditunggu telah tiba yaitu proses unveiling laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen™ AI 300 series dari berbagai merek ternama dan tentunya langsung disambut secara antusias oleh para tamu undangan yang hadir.

Pengujian dan Demo dari Alva Jonathan
Tidak ketinggalan, guna membuktikan secara langsung performa NPU dan efisiensi dari laptop berprosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series, acara berlanjut dengan sesi demo yang dibawakan oleh Alva Jonathan sebagai tech enthusiast dan juga professional overclocker. Demo dimulai dari pengujian benchmark Cinebench R23 yang mensimulasikan skenario penggunaan rendering dan editing, hasilnya laptop dengan prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series mampu melampaui performa dari kompetitor dan pendahulunya dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah.

Begitu juga dengan pengujian NPU melalui Amuse 2.0, prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series dapat melakukan proses generate gambar dan upscaling foto dengan respons yang cepat dan hasil yang memuaskan. Hal ini tentu mengesankan, mengingat semua prosesnya berjalan secara lokal pada laptop tanpa terhubung dengan koneksi internet.

Serangkaian pengujian lain juga turut dilakukan untuk membuktikan performa gaming-nya, dengan menjalankan game AAA Cyberpunk 2077, terlihat di dalam layar laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series mampu menjalankan game AAA tersebut dengan lancar dan stabil di kisaran 50-60 FPS dengan grafis terintegrasi AMD Radeon™ 800M dan hanya menggunakan baterai saja tanpa tercolok ke listrik. Ini benar-benar merupakan hasil yang sangat impresif!

Sesi Talkshow Bersama AMD X Gerald Liu
Acara kemudian berlanjut memasuki sesi talkshow bersama Donnie Brahmandhika selaku Retail and Product Enablement Manager AMD Indonesia, yang pada kesempatan kali ini mengundang Gerald Wibowo, seorang produser musik, konten kreator dan DJ ternama. Gerald membagikan pengalamannya dalam berkecimpung di dunia musik dan industri kreatif, juga bercerita bagaimana teknologi AI saat ini sangat membantu dalam proses kreatifnya. Sebagai salah satu pengguna setia laptop berprosesor AMD Ryzen™, ia juga menyadari betapa pentingnya laptop dengan prosesor yang sudah terintegrasi dengan teknologi AI untuk dapat mendukung aktivitas keseharian dalam bermusik dan juga kreasi konten.

Menurutnya, proses kreatif dalam membuat musik, editing video dan juga bermain game untuk hiburan sangat membutuhkan performa laptop yang mumpuni dan memiliki efisiensi daya maksimal. Gerald sudah membuktikan sendiri bahwa laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen™ Series merupakan pilihan terbaik untuk segala kebutuhan komputasinya.

Sesi Q&A dan Quiz Berhadiah Menarik
Usai sesi talkshow, menjelang berakhirnya acara kini memasuki sesi Q&A bersama Donnie Brahmandhika, Armawati Cen dan Matthew Carr, disini para tamu undangan yang hadir dapat bertanya langsung mengenai segala keunggulan maupun teknologi dan fitur baru yang ditawarkan oleh laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series, dan akan dijawab oleh representatif dari AMD Indonesia secara langsung.

Serangkaian acara ini kemudian ditutup dengan sesi Kahoot Quiz, para peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan tepat, berhak mendapatkan hadiah spesial persembahan dari AMD. Selamat kepada para pemenang yang beruntung!

Para tamu yang hadir juga berkesempatan mencoba teknologi AI, ada pula area Experience Zone yang terdiri dari AMD Ryzen™ AI Station, AI Photobooth, dan Gaming Area yang menampilkan jajaran lengkap laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen™, sehingga dapat merasakan pengalaman langsung akan performa laptop berprosesor AMD Ryzen™ AI Series dengan yang fitur –fitur menarik.

Acara peluncuran prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series meninggalkan kesan tersendiri dimana acara ini membuktikan ambisi AMD untuk menghasilkan inovasi-inovasi luar biasa dari sisi teknologi AI untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Nantikan acara selanjutnya di kotamu dan pantengin terus sosial media Instagram Markas AMD ID atau Facebook Markas AMD ID agar tidak melewatkan informasi terbaru dari AMD!

www.amd-id.com

 

  Ask For More Information…

LinkedIn
Pinterest

Join the 155,000+ IMP followers