www.indo-industry.com
Danamon News

MUFG dan Danamon Gelar MUFG Net Zero World (MUFG N0W) Perdana untuk Dukung Transisi Energi Indonesia

Masakazu Osawa, Managing Executive Officer dan Chief Executive untuk APAC, MUFG Bank, Ltd, memberikan sambutan di acara MUFG N0W yang diadakan di Raffles Hotel, Jakarta pada tanggal 4   September 2024.

MUFG dan Danamon Gelar MUFG Net Zero World (MUFG N0W) Perdana untuk Dukung Transisi Energi Indonesia

MUFG N0W di Jakarta diselenggarakan oleh MUFG Bank. Ltd. dan mitra bank strategisnya, Danamon. Dalam sambutannya, Osawa menekankan komitmen MUFG untuk mendukung agenda emisi nol bersih Indonesia. Sebagai salah satu grup keuangan terkemuka di Indonesia, MUFG dan Danamon akan terus memobilisasi sektor publik dan swasta menuju transisi negara ini.

Dengan tema “Memperkuat Momentum – Transisi Indonesia Menuju Net Zero,” MUFG N0W menghadirkan Juda Agung selaku Deputi Gubernur Bank Indonesia (tengah). Dalam pemaparannya, Bapak Juda Agung menyampaikan bahwa “Seiring dengan upaya Indonesia yang signifikan menuju net zero emission, peran sektor keuangan kita sangat penting dalam mendorong transformasi ini. Ada 4 strategi utama bagi bank untuk mendukung transisi ini melalui target dan objektif yang jelas, mengintegrasikan risiko iklim ke dalam operasional inti, memperluas penawaran keuangan berkelanjutan, dan memperkuat tata kelola dan akuntabilitas. Transisi iklim bukan hanya keharusan dalam lingkungan, tetapi juga peluang strategis bagi Sektor Keuangan Indonesia. Bank memiliki peran penting untuk mengambil bagian dalam transformasi ini.”

Parjiono, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional, Kementerian Keuangan (kiri) hadir pada sesi dialog kepemimpinan pada MUFG N0W (Net Zero World) diselenggarakan oleh MUFG dan Danamon pada tanggal 4 September 2024, di Raffles Hotel, Jakarta. Dalam sesi Leadership Dialogue, Parjiono berbicara dengan Country Head, Indonesia, MUFG, Kazushige Nakajima (kanan) terkait pentingnya pembentukan kebijakan dan kerangka regulasi yang tepat dalam mendukung target Net Zero Indonesia pada tahun 2060.

Panel ini membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kerangka kebijakan dan cara menyelaraskannya dengan strategi bisnis perusahaan. Para panelis membahas peran JETP, GFANZ, dan bagaimana dukungan kebijakan dapat meningkatkan daya tarik komersial dan kelayakan teknologi dan sumber energi dari panas bumi, bioenergi, hingga pembakaran bersama dan CCUS, dalam mendukung dekarbonisasi regional.

Sunar Basuki, Direktur Operasional Permodalan Nasional Madani (PNM) (kedua dari kiri) dan Herry Hykmanto, Direktur Syariah dan Sustainability Finance Danamon (kedua dari kanan) membahas mengenai dampak sosial paling signifikan dari program PNM MEKAAR terhadap meningkatkan kesejahteraan perempuan pra-sejahtera dan pemberdayaan usaha ultra mikro dan mikro komunitas. Upaya ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, dan menyediakan lapangan kerja guna mendorong pertumbuhan Ekonomi Indonesia serta menciptakan transisi keuangan berkeadilan.

Panel MUFG N0W, “Dari Rencana ke Aksi – Implementasi Net Zero dalam Peta Jalan Perusahaan” menghadirkan narasumber (kiri – kanan) Suripno, Vice President Sustainability, PT.Pertamina (Persero); Andrew Nasuri, Direktur, Indomobil; Kenichi Ishikawa - Presiden Direktur, PT Summit Niaga; Tomohiro Ishikawa, Chief Regulatory Engagement Officer, MUFG, dan Herry Hykmanto, Direktur Syariah dan Sustainability Finance Danamon sebagai moderator.

Panel ini membahas bagaimana sektor keuangan berperan penting dalam mendukung transisi energi Indonesia, melalui keterlibatan pemangku kepentinga secara aktif dan penerapan keuangan berkelanjutan.

Daisuke Ejima, Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menutup acara MUFG N0W dengan menegaskan MUFG dan Danamon tetap berkomitmen dalam memperkuat kemitraannya sebagai salah satu grup keuangan terkemuka di Indonesia yang mendukung Indonesia menuju emisi nol bersih pada tahun 2060.

www.danamon.com

 

  Ask For More Information…

LinkedIn
Pinterest

Join the 155,000+ IMP followers