www.indo-industry.com
HMS Industrial Networks AB

Mengotomatisasi hal yang terlihat mustahil di semua pabrik di negara mana pun

Pelajari cara Bosch Rexroth menggabungkan Anybus Communicator dengan Smart Flex Effector milik mereka untuk menghadirkan modul kompensasi paling fleksibel di otomatisasi industri.

  www.hms-networks.com
Mengotomatisasi hal yang terlihat mustahil di semua pabrik di negara mana pun


Bosch Rexroth


Bosch Rexroth, yang merupakan cabang otomatisasi dari grup Bosch, memiliki lebih dari 32.000 karyawan di seluruh dunia serta berspesialisasi dalam teknologi kontrol dan penggerak canggih. Di Pusat Pelanggan dan Inovasi mereka yang terletak di Ulm, Jerman, mereka mengembangkan solusi inovatif untuk masa depan otomatisasi, seperti Smart Flex Effector, yaitu sebuah modul kompensasi yang bertujuan untuk merevolusi industri.

Smart Flex Effector - Mengotomatisasi hal yang terlihat mustahil

David Lehmann, Arsitek Sistem di Bosch Rexroth, menjelaskan apa yang dimaksud dengan modul kompensasi dan keunikan Smart Flex Effector:

» Saat membayangkan robot di dalam pabrik, Anda biasanya membayangkan robot dengan enam sumbu yang memasang suku cadang maupun merakit mobil, atau yang semacamnya. Robot tersebut memiliki semacam peralatan di ujungnya, misalnya penggenggam. Modul kompensasi adalah bagian di antara robot dan penggenggam. Smart Flex Effector sangat dikenal karena kemampuannya dalam memberikan kepatuhan (fleksibilitas sebagai respons terhadap gaya) dengan enam tingkatan kebebasan (pergerakan dalam ruang tiga dimensi).

Kami dapat mengukur defleksi (perubahan posisi) peralatan dengan presisi tinggi menggunakan sistem sensor terintegrasi. Ini memungkinkan kami untuk melakukan tugas-tugas yang kompleks, seperti operasi pemasangan yang penuh presisi, yang biasanya hanya dapat dilakukan oleh manusia. Slogan kami, ’Mengotomatisasi hal yang terlihat mustahil’, merangkumnya dengan baik. Tujuan kami dengan produk ini adalah memungkinkan robot untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya tidak dapat dilakukan dengan baik, sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas.»

Tantangan-tantangan konektivitas

Agar memungkinkan robot melakukan tugas-tugas baru ini, Smart Flex Effector perlu bertukar data pengukuran posisi dengan pengontrol robot, termasuk informasi tentang defleksi peralatan dan sinyal pengontrol untuk status terkunci dan terbuka bagi modul tersebut.

Namun, menghubungkan Smart Flex Effector dengan pengontrol robot memiliki tantangan tersendiri, sebagaimana yang dijelaskan oleh David. » Produk kami sudah tersedia, tetapi kami mengalami kesulitan saat memasangnya di situs pelanggan. Ketika kami berbicara dengan pelanggan, umpan baliknya sering kali berupa hal yang sama: 'Anda memiliki antarmuka serial ini, tetapi saya tidak mau menghabiskan dua minggu atau lebih untuk mencoba menyambungkannya dengan pengontrol robot saya. Saya tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk melakukannya.'»

Menyederhanakan konektivitas dengan konverter protokol Anybus

Untuk menyelesaikan tantangan-tantangan konektivitas ini, Bosch Rexroth beralih ke HMS Networks yang menyediakan Anybus Communicator Common Ethernet, sebuah konverter protokol yang siap pakai untuk menyambungkan perangkat serial ke pengontrol EtherCAT, EtherNet/IP, Modbus TCP, atau PROFINET.

Manfaat penting Anybus Communicator Common Ethernet adalah unit yang sama dapat disambungkan dengan semua protokol Ethernet utama, sebagaimana yang digambarkan oleh David » Konverter protokol Anybus ini adalah solusi yang ideal bagi kami karena kami dapat mengonfigurasi ulang konverter ini dengan pembaruan firmware, dan kami dapat menyediakan koneksi ke berbagai protokol hanya dengan satu unit.»

Antarmuka pengguna Anybus Communicator yang intuitif juga digemari oleh sebagian pengguna baru. » Antarmukanya bagus. Sebelum menjualnya ke pelanggan, kami menguji sendiri antarmuka ini di lab kami yang menjadi tempat para teknisi aplikasi menyelesaikan studi kelayakan sebagai salah satu contohnya. Mereka semua mengatakan bahwa antarmuka ini mudah digunakan untuk menyelesaikan konfigurasi yang diperlukan melalui antarmuka web, yang penting bagi kami karena kami memiliki pelanggan yang bukan pakar otomatisasi dan robotik.»

Fakta bahwa Anybus Communicator dapat dipasang melalui browser web adalah nilai tambah lainnya. » Karyawan kami di Bosch dan pelanggan kami lebih memilih untuk tidak memasang perangkat lunak konfigurasi pihak ketiga. Hal ini menambah risiko keamanan dan kompleksitas karena terkadang memperoleh hak admin yang diperlukan saja dapat menunda pemasangan.»


Mengotomatisasi hal yang terlihat mustahil di semua pabrik di negara mana pun

Smart Flex Effector + Anybus Communicator = Solusi lengkap

Smart Flex Effector dan Anybus Communicator berfungsi dengan baik bersama-sama sehingga Bosch Rexroth menyertakan Anybus Communicator sebagai bagian dari solusi yang lengkap. » Kami memutuskan untuk membuat nomor pesanan untuk konverter Anybus, sehingga pelanggan dapat membelinya langsung dari kami. Akhirnya, kami menjual kedua perangkat sekaligus sebagai satu solusi yang lengkap.»

Pasar yang berkembang

Dengan penambahan Anybus Communicator, Bosch Rexroth dapat dengan mudah terhubung ke semua protokol Ethernet Industri utama, yang menghasilkan perkembangan pasar yang signifikan. "Sekarang kami benar-benar dapat kurang lebih menangani seluruh pasar», tutup David. » Kami dapat mencakup apa pun; kami belum menemukan robot dengan koneksi fieldbus yang belum didukung oleh konverter Anybus ini."


Mengotomatisasi hal yang terlihat mustahil di semua pabrik di negara mana pun

 David Lehmann, Arsitek Sistem di Bosch Rexroth

Pelajari selengkapnya di www.hms-networks.com/anybus  

dan www.boschrexroth.com/en/de/smart-mechatronix/smart-flex-effector/

  Ask For More Information…

LinkedIn
Pinterest

Related Articles

HMS Industrial Networks AB
Schneider Electric Mendapatkan Penghargaan 10,000,000th Anybus Module dari HMS Networks
  • Automation
  • Process
  • Horizontal
  • Mechanics Drives
  • Electric Installator
  • Industrial Communications
  • IT
  • MES and manufacturing management
  • Energy Efficiency
  • Industry 4.0
HAIMER
Keberlanjutan dalam pemesinan: Peran apa yang dimainkan oleh pemegang tool?
  • Automation
  • Horizontal
  • Machine and tools
  • Aeronautics
  • Metal Working
  • Automotive Manufacturing
HAIMER
Tool Room HAIMER sekarang dengan WinTool dan Sistem Toolbase
  • Automation
  • Horizontal
  • Machine and tools
  • Aeronautics
  • Metal Working
  • Automotive Manufacturing

Join the 155,000+ IMP followers