www.indo-industry.com
HMS Industrial Networks AB

HMS menghadirkan solusi komunikasi untuk Sistem Penyimpanan Energi Baterai

HMS Networks kini menghadirkan beberapa solusi komunikasi untuk pasar baterai yang kian berkembang pesat. Sistem Penyimpanan Energi Baterai (BESS) memerlukan kemampuan komunikasi untuk terhubung ke baterai dan komponen periferal, komunikasi dengan pembangkit listrik, memantau sistem dari jarak jauh, dan banyak lagi.

HMS menghadirkan solusi komunikasi untuk Sistem Penyimpanan Energi Baterai

Sistem Penyimpanan Energi Baterai (BESS) mungkin menjadi salah satu kunci untuk menyelesaikan krisis energi dan menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih berkelanjutan. Karena sumber energi hijau seperti angin dan matahari tidak selalu tersedia, tempat penyimpanan energi baterai yang besar memungkinkan penyimpanan energi agar dapat digunakan saat sinar matahari atau angin jumlahnya kurang mencukupi.

BESS perlu melakukan komunikasi
Sistem Penyimpanan Energi Baterai (BESS) tersusun dari sel baterai yang digabungkan ke dalam kemasan baterai yang kemudian dapat digabungkan ke dalam wadah yang akhirnya akan menjadi tempat penyimpanan energi baterai seukuran beberapa lapangan sepak bola. Sistem tersebut dapat menggunakan baterai baru atau daur ulang dan menggabungkan banyak komponen yang berbeda. Namun, penyimpanan energi baterai yang besar memerlukan kemampuan komunikasi yang baik agar dapat berfungsi. HMS kini menyajikan paket komprehensif solusi komunikasi yang mampu menjawab tantangan penerapan ini.

Pencegahan kesalahan dan jaringan perangkat berbasis CAN (Controller Area Network)
Karena pasar baterai telah dipelopori oleh industri mobil, CAN merupakan standar komunikasi pilihan dalam banyak sistem. Di sini, HMS menawarkan portofolio solusi komunikasi yang luas melalui merek Ixxat untuk koneksi PC, jaringan, ekstensi saluran, isolasi galvanik, dan lainnya.

Dalam jaringan, perlindungan komponen menjadi hal krusial, baik dari sumber eksternal (seperti sambaran petir) dan dari masalah terkait sistem (kebisingan AC/DC). Perlindungan perangkat merupakan sebuah keharusan agar dapat menghindari kerusakan.


HMS menghadirkan solusi komunikasi untuk Sistem Penyimpanan Energi Baterai

Produk lxxat dari HMS untuk jaringan berbasis CAN dan perlindungan perangkat.

Gateway jaringan
Sistem Penyimpanan Energi Baterai seringkali menggabungkan berbagai peralatan berbeda dari industri berbeda ke dalam sebuah aplikasi tunggal - baterai, BMS, PLC, unit deteksi kebakaran atau AC. Untuk menggabungkan peralatan yang berbeda, perlu untuk menghubungkan berbagai protokol dan standar jaringan. CAN, Modbus, BACnet, KNX, dan protokol lainnya dapat dengan mudah dihubungkan melalui gateway cerdas dari HMS, yang menangani pertukaran data penting sembari juga memungkinkan kontrol secara terpusat.

Selain itu, gateway dapat secara selektif memfilter, memetakan, dan jika perlu memanipulasi data untuk melakukan pertukaran data sebaik mungkin.


HMS menghadirkan solusi komunikasi untuk Sistem Penyimpanan Energi Baterai

Gateway jaringan dari HMS sangat cocok untuk digunakan dalam BESS.

Konektivitas Cloud/SCADA dan akses jarak jauh

Jaringan cerdas juga diperlukan agar dapat terhubung ke solusi cloud atau sistem SCADA. Koneksi ini dapat dibuat dengan menggunakan gateway SG (Smart Grid) dari HMS yang mendukung protokol fieldbus energi dan industri, serta protokol yang diperlukan untuk koneksi cloud.

Gateway SG memungkinkan kontrol serta akses jarak jauh terpusat untuk pemeliharaan prediktif, pencatatan atau visualisasi data menggunakan solusi i4SCADA® dari perusahaan WEBfactory® milik HMS. Gateway SG juga menyediakan fitur keamanan siber yang kuat, seperti firewall, OpenVPN®, enkripsi TLS, dan manajemen pengguna. Langkah protektif ini sangat diperlukan sebagai perlindungan dari serangan dunia maya.


HMS menghadirkan solusi komunikasi untuk Sistem Penyimpanan Energi Baterai

Ixxat® SG-gateways mengontrol komunikasi antara protokol energi dan industri sedangkan WEBfactory i4SCADA memungkinkan visualisasi data yang dapat dengan sangat mudah diadaptasikan.


"Kami melihat adanya permintaan yang berkembang pesat atas solusi komunikasi dalam Sistem Penyimpanan Energi Baterai karena masyarakat secara keseluruhan beralih ke sumber energi yang lebih berkelanjutan seperti angin dan matahari," kata Alexander Hess, General Manager HMS Unit Bisnis Ixxat. »Komunikasi diperlukan agar sistem BESS berfungsi dan HMS menawarkan portofolio solusi komunikasi industri yang luas untuk menyelesaikan masalah komunikasi yang dihadapi dalam sistem ini.»
 

Pelajari selengkapnya di HMS TechTalk

Informasi lebih lanjut mengenai Sistem Penyimpanan Energi Baterai: www.ixxat.com/bess

  Ask For More Information…

LinkedIn
Pinterest

Related Articles

HMS Industrial Networks AB
Jaringan industri tetap berkembang meski di masa sulit - Pangsa pasar jaringan industri 2022 menurut HMS Networks
  • Automation
  • Horizontal
  • Industrial Communications
  • IT
  • Industry 4.0
Konecranes News
Konecranes wins Automation Service Contract in Indonesia
  • Automation
  • Horizontal
  • Off-highway
Red Lion
Red Lion Meluncurkan FlexEdge Platform Automasi Pintar Edge
  • Automation
  • Horizontal
  • Industrial Communications
  • Industry 4.0

Join the 15,000+ IMP followers